Selasa, 20 Oktober 2015

Tugas 3 Psikologi Manajemen


Kasus :
            Saya bekerja di Telkomsel sebagai customer service. Pada awalnya ada seorang customer komplain mengenai masalah POINT, dia merasa beberapa POINTnya hilang pada saat dia upgrade kartu 3G ke 4G LTE lalu ternyata benar POINT tersebut hilang dan hilangnya pada saat upgrade kartunya. Customer mengadukan masalah tersebut ke pihak direksi Telkomsel, dia merasa tidak puas dan dirugikan atas pelayanan di grapari. Berita tersebut sampai terdengar oleh supervisor grapari setempat dari situ supervisor mulai memantau sistem aplikasi yang ada untuk meninjau ulang dan memastikan kebenaran bahwa adanya tuduhan pengambilan POINT customer. Ternyata benar pelakunya adalah Team Leader atau kaki kanannya supervisor, lalu supervisor memanggil semua customer service untuk meeting. Pada saat itu saya sendiri ditanyakan hal yang sama seperti teman-teman customer service yang lain dan saya berkata jujur tetapi tidak menyebutkan nama ataupun inisial yang sudah melanggar aturan tersebut. Keesokan harinya Team Leader menuduh bahwa saya yang sudah memberi tahu ke supervisor padahal tanpa dikasih tahu saya supervisor sudah mengetahui siapa pelakunya yang sudah membuat kesalahan dari kebenaran sistem. Lalu Team Leader tersebut berubah sikap seperti cuek atau menghindar kepada saya selama proses pencaarian data diambil supervisor, kemudian kebijakan supervisor pun keluar untuk mengeluarkan team leader tersebut dan customer service yang telah mengambil POINT customer.
Analisis Kasus
Dalam kasus ini jika saya menjadi HRD, saya akan memberikan kompensasi dan proteksi pada pegawai. Memberikan imbalan atas kontribusi kerja pegawai secara teratur dan proteksi juga diberikan kepada pekerja dapat melaksanakan pekerjaanya dengan tenang sehingga kinerja dan kontribusi pekerja tersebut dapat tetap maksimal dari waktu ke waktu, mengurangi terjadinya permasalahan dalam pekerjaan. Dan saya akan setuju jika ada pegawai yang harus dikeluarkan dari pekerjaanya karena sudah melanggar aturan SOP di dalam sebuah perusahaan apalagi sampai membuat kerugian perusahaan tersebut.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar