Senin, 05 Oktober 2015

Psikologi Manajemen



Psikologi Manajemen

Pengertian
Psikologi manajemen adalah ilmu tentang bagaimana mengatur/ me-manage atau bisa disebut juga dengan mengelola, mengendalikan sumber daya yang ada untuk memenuhi kebutuhan, terutama sumber daya manusia harus dapat mencapai tujuan organisasi yang sudah di tetapkan oleh perusahaan. Selain sumber daya manusia ada juga sumber daya alam, sumber daya fisik, sumber daya informasi dan sumber daya keuangan.
Kaitannya dengan psikologi:
Ilmu psikologi memang berpusat pada manusia, mampu mengintervensi berbagai faktor internal manusia seperti motivasi, sikap kerja, keterampila, dll dengan berbagai macam teknik dan metode, sehingga bisa dicapai kinerja SDM yang setinggi-tingginya untuk produktivitas perusahaan.
Organisasi
Adalah suatu kegiatan dalam bentuk perkumpulan orang-orang atau sekelompok untuk mensepakati yang ada di dalam permasalahan agar menuju tujuan bersama.
Fungsi manajemen:
-          Perencanaan (Planning) suatu kegiatan perusahaan yang di tunjang berdasarkan hasil analisis yang di peroleh sehingga membuat tujuan ke depan, agar diikuti dengan benar sesuai rencana tujuan yang telah di tetapkan. Seperti merencanakan rancangan desain produk terbaru sekmentasi pasar yang dituju, lokasi usaha, biaya modal dll.
-          Pengorganisasian (organizing) suatu kegiatan pengaturan yang disesuaikan untuk sumber daya manusia atau pegawai agar dapat mengikuti aturan yang telah ada di dalam sebuah perusahaan.
-          Pengarahan (Directing) suatu hubungan antara pemimpin dan bawahan agar bawahan dapat bersedia bekerja dengan baik agar mencapai tujuan bersama yang telah ditetapkan sesuai dengan S.O.P (Standar Operasional Prosedur). Pemimpin juga memberikan masukan yang baik serta sharing tentang permasalahan yang ada dalam lingkungan pekerjaan agar menciptakan lingkungan kerja yang sehat sehingga pekerja dapat bekerja secara nyaman dan baik. seperti setiap brifing pagi pimpinan mendengarkan keluhan atau pendapat para pekerja dan memberikan solusi atas permasalahan tersebut.
-          Pengendalian (Controlling) proses yang dilakukan untuk memastikan dan meninjau ulang apa yang telah dikerjakan sesaui dengan standar kinerja perusahaan sehingga semua yang telah diusahakan dapat mencapai tujuan yang telah ditetapkan bersama.

Komunikasi
~ Komunikasi adalah hubungan antara dua orang atau lebih dalam menyampaikan bahasa                            verbal atau visual untuk menciptakan suatu respon atau hasil dari kedua belah pihak.
~ Unsur Komunikasi:
® Adanya pengirim berita (komunikator)
® Penerima berita (komunikan)
® Berita yang dikirim
~ Fakta dan informasi, seperti kabar berita yang ada di koran, televisi, radio, internet    dll.
~ Emosi, seperti menyikapi atau respon dalam permasalahan yang ada.
~ Fakta yang bercampur emosi, seperti mendengar suatu berita yang mengunggah perasaan seseorang sehingga menimbulkan perasaan empati, amarah, sedih terhadap berita tersebut.         
® Media pengiriman

Tidak ada komentar:

Posting Komentar