Psikologi Manajemen
Pengertian
Psikologi
manajemen adalah ilmu tentang bagaimana mengatur/ me-manage atau bisa disebut
juga dengan mengelola, mengendalikan sumber daya yang ada untuk memenuhi
kebutuhan, terutama sumber daya manusia harus dapat mencapai tujuan organisasi
yang sudah di tetapkan oleh perusahaan. Selain sumber daya manusia ada juga
sumber daya alam, sumber daya fisik, sumber daya informasi dan sumber daya
keuangan.
Kaitannya dengan psikologi:
Ilmu psikologi
memang berpusat pada manusia, mampu mengintervensi berbagai faktor internal
manusia seperti motivasi, sikap kerja, keterampila, dll dengan berbagai macam
teknik dan metode, sehingga bisa dicapai kinerja SDM yang setinggi-tingginya
untuk produktivitas perusahaan.
Organisasi
Adalah suatu kegiatan
dalam bentuk perkumpulan orang-orang atau sekelompok untuk mensepakati yang ada
di dalam permasalahan agar menuju tujuan bersama.
Fungsi manajemen:
-
Perencanaan (Planning)
suatu kegiatan perusahaan yang di tunjang berdasarkan hasil analisis yang di peroleh
sehingga membuat tujuan ke depan, agar diikuti dengan benar sesuai rencana
tujuan yang telah di tetapkan. Seperti merencanakan rancangan desain produk
terbaru sekmentasi pasar yang dituju, lokasi usaha, biaya modal dll.
-
Pengorganisasian
(organizing) suatu kegiatan pengaturan yang disesuaikan untuk sumber daya
manusia atau pegawai agar dapat mengikuti aturan yang telah ada di dalam sebuah
perusahaan.
-
Pengarahan (Directing) suatu
hubungan antara pemimpin dan bawahan agar bawahan dapat bersedia bekerja dengan
baik agar mencapai tujuan bersama yang telah ditetapkan sesuai dengan S.O.P
(Standar Operasional Prosedur). Pemimpin juga memberikan masukan yang baik
serta sharing tentang permasalahan yang ada dalam lingkungan pekerjaan agar menciptakan
lingkungan kerja yang sehat sehingga pekerja dapat bekerja secara nyaman dan
baik. seperti setiap brifing pagi
pimpinan mendengarkan keluhan atau pendapat para pekerja dan memberikan solusi
atas permasalahan tersebut.
-
Pengendalian
(Controlling) proses yang dilakukan untuk memastikan dan meninjau ulang apa
yang telah dikerjakan sesaui dengan standar kinerja perusahaan sehingga semua
yang telah diusahakan dapat mencapai tujuan yang telah ditetapkan bersama.
Komunikasi
~
Komunikasi adalah hubungan antara dua orang atau lebih dalam menyampaikan
bahasa verbal
atau visual untuk menciptakan suatu respon atau hasil dari kedua belah pihak.
~
Unsur Komunikasi:
®
Adanya pengirim berita (komunikator)
®
Penerima berita (komunikan)
®
Berita yang dikirim
~
Fakta dan informasi, seperti kabar berita yang ada di koran, televisi, radio,
internet dll.
~
Emosi, seperti menyikapi atau respon dalam permasalahan yang ada.
~
Fakta yang bercampur emosi, seperti mendengar suatu berita yang mengunggah
perasaan seseorang sehingga menimbulkan perasaan empati, amarah, sedih terhadap
berita tersebut.
®
Media pengiriman
Tidak ada komentar:
Posting Komentar