Psikologi Manajemen
Fungsi
Perencanaan dan Pengoranisasian (Seleksi dan Penempatan Pelatihan dan
Pengembangan)
Seleksi dan Penempatan berfungsi untuk
mencari tenaga kerja yang sesuai dari persyaratan yang telah di tetapkan oleh
suatu perusahaan. Pencarian tenaga kerja dapat diketahui dari media sosial,
internet, koran, televisi, radio, selembaran kertas, pengajuan langsung dari
tenaga kerja dll.
- Proses
:
Tahap 1 : Seleksi surat lamaran.
Berdasarkan surat-surat lamaran yang diajukan oleh calon dapat dipertimbangkan
apakah diterima untuk diseleksi berikutnya atau tidak.
Tahap 2 : Wawancara awal yaitu
untuk mendapat gambaran umum tentang kesesuaian calon dengan pekerjaan yang ia
lamar.
Tahap 3 : Ujian, psikotes,
wawancara, ujian berisi ilmu pengetahuan dan keterampilan yang berkaitan dengan
pekerjaan yang dilamar, psikotes seperti
tes psikologik dan wawancara tentang sejauh mana pengetahuan dan
keterampilan yang telah dimiliki oleh calon tenaga kerja.
Tahap 4 : Penilaian akhir yaitu
keputusan akhir calon mana yang akan diterima atau ditolak. Lalu para calon
tenaga kerja yang diterima kemudian diminta untuk dites kesehatan umumnya.
Tahap 5 : Pemberitahuan dan
wawancara akhir, wawancara akhir ini berisi tentang gaji dan imbalan lainnya.
Tahap 6 : Penerimaan, calon tenaga
kerja mendapat surat keputusan diterima bekerja pada perusahaan dengan berbagai
persyaratan kerja.
- Pelatihan
dan Pengembangan
Pelatihan adalah
suatu proses pendidikan jangka pendek untuk melatihkan pengetahuan dan
keterampilan tertentu yang sudah dimiliki oleh tenaga kerja. Sedangkan
pengembangan adalah suatu proses pendidikan jangka panjang untuk memikul
tanggung jawab yang lebih berat dalam perusahaan.
- Transfer of Training
à
Mengacu kepada apakah trainee dapat
mengaplikasikan apa yang didapatkan pada saat training dapat lanjut kedalam
pekerjaan nantinya. Tujuan utama dari transfer of training adalah terjadinya Generalization dan Maintenance.
Beberapa hal yang dapat mempengaruhi
kualitas Transfer of Training:
-
Kondisi kerja seperti
tekanan waktu, peralatan kerja yang kurang baik, dan budget yang tidak memadai.
-
Kurangnya dukungan peer, tidak ada komunikasi yang baik dan
saling cuek satu sama lain.
-
Kurangnya dukungan
manajemen, tidak berhubungan baik dan manajemen terlalu tidak perduli.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar